Hindari 10 Cara Memutihkan Kulit yang Salah Ini!

Cara memutihkan kulit selalu digunakan orang yang ingin tampil lebih percaya diri. Sebab, tidak bisa dipungkiri, mempunyai kulit putih, bersih, dan sehat membuat seseorang menjadi lebih menawan dan tentu saja menarik mata yang melihatnya. Namun sayangnya, karena terobsesi ingin memiliki kulit putih, berbagai cara pun ditempuh tanpa mengindahkan dampak negatif yang ditimbulkan karena cara yang digunakan salah. Nah, buat Anda yang juga menginginkan kulit putih dan akan melakukan beberapa cara, cobalah untuk tetap menghindari beberapa hal berikut.

#Cara Memutihkan Kulit dengan Produk Kecantikan yang Salah

cara memutihkan kulit yang salahPenggunaan produk kecantikan untuk memutihkan kulit memang jamak dilakukan, terutama wanita. Sebenarnya, langkah ini tidaklah salah, asal Anda mengetahui rambu-rambu yang ditetapkan. Berikut ini beberapa kesalahan yang sering dilakukan saat menggunakan produk kecantikan dalam rangka memutihkan kulit:

1. Produk Kecantikan Mengandung Merkuri

Meskipun sudah banyak anjuran untuk selalu menghindari produk kosmetik yang mengandung merkuri, namun masih banyak orang yang mengabaikannya. Akibatnya, berbagai keluhan kesehatan terkait kulit, bahkan hingga penyakit dalam, pun muncul. Untuk menghindari hal tersebut, saat membeli sebuah produk kosmetik, lihat komposisi yang tertera dalam kemasan. Pastikan tidak ada kandungan merkuri di dalamnya. Pastikan juga ciri-ciri dari produk kecantikan yang mengandung merkuri. Jangan hanya karena tergoda iklan dan keinginan memburu kulit putih dalam waktu cepat, Anda mengabaikan kesehatan kulit itu sendiri.

2. Produk Kecantikan Tidak Terjamin Keamanannya

Saat ini, banyak sekali beredar produk kecantikan, khususnya pemutih kulit, di pasaran. Sebagai konsumen yang cerdas, Anda harus pandai-pandai dalam memilihnya. Pilihlah produk kecantikan yang sudah terdaftar dalam BPOM karena akan terjamin keamanannya. Hindari membeli produk kecantikan pasaran, meskipun harganya murah dan menawarkan waktu singkat dalam memutihkan kulit Anda.

3. Langsung Menerapkan Produk Kecantikan ke Seluruh Tubuh

Banyak orang yang langsung menerapkan produk kecantikan ke seluruh tubuh padahal belum mengetahui dampaknya bagi kulit Anda. Hal ini jelas akan mengundang risiko besar terjadinya kerusakan pada kulit. Oleh karena itu, saat membeli produk kecantikan yang baru, wajib hukumnya bagi Anda untuk mencobanya di pergelangan tangan terlebih dahulu. Jika penerapan ini tidak menimbulkan efek negatif, baru lanjutkan dengan menerapkan ke seluruh tubuh.

4. Membersihkan Wajah dengan Tisu Beralkohol

Kebiasaan seperti ini jelas tidak baik. Menjaga kelembaban kulit dengan mengusap tisu basah memang baik. Namun, terlalu sering menggunakan tisu beralkohol justru dapat membuat kulit menjadi kering dan berkeriput. Terlebih jika kadar alkoholnya cukup tinggi. Oleh karena itu, selalu lihat kadar alkohol yang tertera pada kandungan tisu. Agar lebih aman, gunakan tisu basah tanpa alkohol untuk melembabkan kulit Anda.

5. Mengoleskan Pelembab Tanpa Berpola

Selain kandungan kosmetik, cara pengaplikasian pada kulit juga perlu diperhatikan. Sebab, pengusapan yang salah justru dapat membuat lapisan kulit mudah terkelupas dan menyebabkan iritasi. Cari tahu informasi yang benar dalam penerapan pelembab bagi kulit.

# Cara Memutihkan Kulit dengan Perilaku yang Salah

memutihkan kulit beresikoSelain penggunaan produk kecantikan, perilaku sehari-hari juga memberi dampak buruk pada kecerahan kulit Anda. Berikut ini beberapa kebiasaan yang seharusnya tidak Anda lakukan jika ingin mempunyai kulit putih:

1. Tidak Cukup Asupan Air Putih

Ingat, apa pun program pemutihan yang Anda jalankan, akan sia-sia belaka jika asupan air putih dalam tubuh kurang. Sebab, air putih inilah yang akan memutihkan kulit Anda dari dalam. Berbagai racun akan dapat keluar dengan sempurna jika asupan air putih sangat cukup bagi tubuh Anda.

2. Tidak Menggunakan Tabir Surya saat Bepergian

Proses pemutihan kulit yang sedang Anda lakukan tidak akan berjalan lancar tanpa diimbangi dengan penggunaan tabir surya saat bepergian. Ibarat menyapu lantai, saat menyapu Anda juga menabur kotoran di atas lantai. Sia-sia, bukan? Oleh karena itu, jangan pernah lupa untuk mengaplikasikan tabir surya setiap keluar rumah dalam cuaca apa pun.

3. Mandi atau Membersihkan Muka dengan Air Panas

Tidak banyak orang yang tahu bahwa mandi atau membersihkan muka dengan air panas mempunyai dampak cukup serius bagi kesehatan kulit. Iritasi, gatal-gatal, kulit kering, dan munculnya kerutan penyebab penuaan diri merupakan akibat yang akan timbul jika Anda menggunakan air panas saat mandi atau mencuci muka. Sebaiknya, gunakan air hangat-hangat kuku agar kulit tetap aman. Penggunaan air dingin juga harus Anda gunakan sesekali agar kulit tampak lebih segar.

4. Tidur dengan Masih Menggunakan Make Up

Inilah kesalahan fatal yang banyak dilakukan orang. Kulit yang tidak dibersihkan dari make up sebelum tidur akan mudah terpapar bahan kimia yang terkandung di dalam kosmetik. Padahal, pada saat tidur inilah kulit sedang melakukan proses peremajaan. Proses ini akan gagal jika make up masih eksis di wajah Anda.

5. Menekan-nekan Jerawat

Risih saat mempunyai jerawat sangatlah wajar. Namun, menekan jerawat dengan tangan sendiri jelas berisiko membuat kulit teriritasi dan bopeng. Oleh karena itu, hindari perilaku ini sebagai salah satu cara memutihkan kulit.

Kesalahan-kesalahan cara memutihkan kulit diatas sering terjadi pada kalangan remaja dan orang dewasa. Bahkan mereka menganggap kebiasaan-kebiasaan tersebut diatas hanya biasa-biasa saja padahal sangat berpengaruh terhadap kesehatan kulit mereka.

Memiliki kulit putih dan cantik merupakan dambaan bagi semua kaum hawa. Semoga artikel ini bisa memberikan pencerahan bagi pembaca agar tetap menjaga dan merawat kesehatan kulit.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *