Mau Suntik Putih? Ini Dia Cara Amannya!

suntik putih permanen

Suntik putih merupakan salah satu cara yang kini banyak digunakan wanita untuk memutihkan kulit wajah. Sebenarnya, alternatif ini tidak akan menjadi masalah jika Anda benar-benar memperhatikan dari segi kesehatan. Sebab, bagaimana pun juga, suntik putih merupakan proses pemasukan zat cair asing ke dalam tubuh, yang tentu akan berakibat fatal jika dilakukan secara sembarangan. Bukan wajah cantik dan putih yang akan dapat, namun dampak negatif lain. Nah, untuk lebih jelasnya mengenai tips aman melakukan metode suntik putih, simak uraian berikut ini.

# Komposisi Cairan yang Digunakan dalam Metode Suntik Putih

Seperti telah dijelaskan sebelumnya, suntik putih merupakan proses pemasukan suatu cairan ke dalam tubuh melalui pembuluh darah. Lalu, cairan apa yang dimasukkan tersebut? Sebenarnya, cairan tersebut dimaksudkan untuk menambah asupan vitamin C ke dalam tubuh. Nah, untuk semakin memperkuat fungsinya, vitamin C ini sering dikombinasikan dengan bahan lain, seperti kolagen atau glutathione. Untuk lebih jelasnya, berikut ringkasannya.

1. Vitamin C

Salah satu manfaat dari vitamin C adalah dapat mencerahkan kulit, menghilangkan bekas luka di kulit, dan membuat Anda terlihat lebih muda. Selain itu, kandungan antioksidan di dalamnya mampu menangkal radikal bebas dan meningkatkan produktivitas kolagen dalam tubuh. Tak heran jika vitamin ini menjadi bahan utama dari suntik putih.

2. Kolagen

Kolagen berfungsi untuk menjaga kekenyalan kulit sehingga tidak tampak kendur dan tua. Sebenarnya, kolagen ini dapat diproduksi sendiri oleh tubuh. Namun, seiring dengan bertambahnya usia, produktivitasnya akan menurun. Nah, untuk memenuhi kebutuhan kulit akan kolagen, diberi asupan tambahan di dalam cairan suntik putih ini.

3. Glutathione

Di dalam tubuh, zat ini mampu menghambat produksi melanin yang membuat warna kulit menjadi gelap. Selain itu, zat ini juga dapat meningkatkan kekebalan tubuh sehingga semua radikal bebas dapat ditangkal dengan mudah.

# Efek Samping dari Metode Suntik Putih

Meskipun cairan yang digunakan dalam metode ini cukup aman dan sangat bermanfaat bagi kulit, namun dosisnya yang terlalu tinggi, membuat beberapa pemakainya mengalami banyak masalah kesehatan. Bayangkan saja, dalam satu kapsul suntik putih (5 ml), kandungan vitamin C-nya mencapai 1.000–1.800 mg, padahal kebutuhan orang dewasa akan vitamin C setiap harinya hanya 40 mg. Bisa terbayang bagaimana tubuh akan merespons pemasukan cairan ini, bukan? Beberapa efek samping yang mungkin akan timbul antara lain sakit kepala, mual, sakit perut, diare, perut kembung, insomnia, bahkan bisa membentuk batu ginjal.

Besarnya dosis gluthatione yang masuk dalam tubuh juga berdampak negatif bagi kesehatan Anda, terlebih jika digunakan dalam jangka panjang. Meskipun antioksidan yang ada semakin tinggi, namun risiko terkena penyakit serius juga tinggi. Tidak beda jauh dengan dampak tingginya dosis kolagen dalam tubuh. Meskipun sampai saat ini belum ada penelitian yang secara jelas menunjukkan dampak negatifnya, namun apa pun yang berlebihan dari kebutuhan tubuh pasti akan menimbulkan dampak buruk di kemudian hari.

# Tips Aman Melakukan Metode Suntik Putih

Fakta di atas mungkin cukup membuat Anda was-was. Namun, jangan khawatir. Jika memang melakukan metode suntik putih sangat urgent untuk Anda lakukan dengan berbagai pertimbangan, berikut ini ada cara aman melakukannya. Sangat dianjurkan bagi Anda untuk tidak melakukannya secara mandiri.

1. Memilih Dokter Tepercaya dan Berkualitas

Metode suntik putih tidak boleh dilakukan secara sembarangan. Oleh karena itu, percayakan metode ini hanya pada dokter profesional yang sudah terbiasa melakukannya. Besarnya risiko dari metode ini dapat ditanggulangi dengan kemampuan dokter yang sudah terlatih. Jangan sekali-kali mempercayakan proses suntik ini pada salon kecantikan, terlebih dengan harga yang murah.

2. Melakukan Tes Kesehatan

Tes kesehatan perlu Anda lakukan terlebih dahulu sebelum melakukan metode suntik ini. Biasanya dokter akan memperingatkan Anda tentang risiko yang mungkin terjadi dengan adanya dosis tinggi dalam suntikan, terlebih jika Anda mempunyai riwayat penyakit hati, ginjal, asam urat, atau penyakit kronis lainnya. Tidak hanya itu, tes kulit juga akan dilakukan selama satu bulan untuk mengetahui dampak negatif yang mungkin terjadi dengan pemakaian metode ini.

3. Memilih Produk yang Aman

Sebelum dilakukan penyuntikan, ada baiknya Anda bertanya tentang produk yang digunakan. Pastikan bahwa produk tersebut aman dan sudah terdaftar di BPOM RI. Hal ini dilakukan untuk menghindari adanya zat yang dilarang untuk masuk dalam tubuh, seperti merkuri dan lainnya.

Itulah beberapa hal yang perlu Anda ketahui tentang metode ini. Memang, suntik putih bisa menjadi alternatif cepat untuk memiliki kulit cerah. Namun begitu, jangan obsesi tersebut membuat Anda menjadi buta dengan prosedur aman yang sudah ditetapkan. Oleh karena itu, ikuti saja saran dokter dalam penerapan suntik putih ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *