Tips Memilih Salon Kecantikan yang Aman dan Tepercaya

salon kecantikan wajah

Salon kecantikan kini banyak bermunculan, terutama di kota-kota besar. Hal ini tidak mengherankan, mengingat banyaknya minat masyarakat, terutama wanita, yang ingin mempercantik penampilannya. Namun, menggunakan jasa salon kecantikan tidak boleh Anda lakukan sembarangan. Sebab, ada beberapa bahaya yang tersembunyi jika Anda tidak waspada. Akan lebih baik jika Anda memilih salon yang aman dan tepercaya. Lalu, salon yang seperti apa yang aman itu? Berikut ulasan lenkapnya.

# 4 Bahaya di Balik Salon Kecantikan

Di balik kemudahan yang bisa Anda dapatkan dalam mempercantik diri, salon mempunyai bahaya tersembunyi yang harus Anda waspadai. Berikut ini beberapa di antaranya:

1. Tidak Memiliki Izin

Mudahnya orang mendirikan salon dan banyaknya peminat kecantikan, membuat pihak yang tidak bertanggung jawab ikut mengeruk keuntungan di sini. Tanpa berbekal surat izin dari instansi terkait atau izin dari para ahlinya, mereka membangun sebuah salon kecantikan. Hal ini tentu sangat membahayakan Anda. Oleh karena itu, sebelum masuk salon, pastikan salon tersebut sudah mempunyai izin, begitu juga para pegawainya. Paling tidak, pegawai yang menangani Anda sudah mempunyai sertifikat kursus atau pelatihan di bidangnya.

2. Alat yang Tidak Higienis

Pada saat pertama kali datang dan berkonsultasi, sempatkan untuk mengamati sekilas tentang kehigienisan alat yang digunakan salon tersebut. Misalnya, handuk, alat pedikur, sisir, baskom, dan sebagainya. Jika setelah menggunakan untuk melayani customer alat tersebut tidak dibersihkan dan langsung digunakan untuk melayani customer yang lain, ada baiknya Anda berpindah ke salon lain yang lebih higienis. Salon seperti ini hanya akan menularkan bakteri orang lain ke tubuh Anda.

3. Produk yang Kedaluwarsa atau Mengandung Bahan Kimia

Ketatnya persaingan di dunia bisnis, menggiring pemilik salon yang tidak bertanggung jawab untuk menggunakan produk kedaluwarsa atau mengandung bahan kimia, sehingga keuntungan yang ia peroleh besar. Anda tentu yang akan dirugikan dalam hal ini. Oleh karena itu, sebelum Anda menggunakan jasa sebuah salon, pastikan bahwa produk-produk yang digunakan salon tersebut tidak kedaluwarsa atau mengandung bahan kimia.

4. Ventilasi Ruangan yang Minim

Tidak hanya pegawai dan produk yang digunakan, bangunan dari salon itu sendiri juga perlu Anda perhatikan. Kandungan bahan kimia yang terdapat dalam produk, saat digunakan akan bercampur dengan udara dalam salon. Jika ruang salon tidak mempunyai ventilasi yang baik, pencampuran bahan kimia ini justru akan menimbulkan masalah baru bagi kesehatan Anda.

# 6 Tips Memilih Salon Kecantikan yang Aman

Untuk menghindari segala bahaya seperti yang tersebut di atas, memilih salon yang aman merupakan hal wajib yang harus Anda lakukan. Nah, berikut ini diberikan beberapa tips memilih salon yang aman dan tepercaya.

1. Mencari Informasi tentang Reputasi Salon

Sebelum datang ke salon, carilah informasi sebanyak-banyaknya tentang salon tersebut. Informasi bisa Anda dapatkan dari teman, saudara, website, atau testimoni yang disampaikan di internet. Bahkan, Anda bisa mengecek terlebih dahulu, apakah pernah ada track record negatif dari salon tersebut. Begitu juga dengan izin usaha dari salon tersebut. Jika semua aman, silakan untuk mengunjungi tempat tersebut.

2. Melihat Penampilan dari Pegawainya

Penampilan pegawai salon sangat menentukan selera mereka saat menangani customer. Pilihlah pegawai yang menurut Anda mempunyai penampilan bagus. Sebab, bisa dipastikan ia juga akan membuat penampilan Anda bagus. Dan, yang tidak kalah pentingnya adalah keramahan mereka saat melayani Anda. Tidak nyaman, bukan, jika petugas yang menangani Anda berwajah jutek?

3. Memperhatikan Kebersihan Salon, Alat, dan Pegawainya

Kebersihan merupakan faktor penting dalam menentukan salon pilihan. Sebab, salon yang tidak bersih, termasuk alat dan pegawainya, justru akan menularkan berbagai macam penyakit ke tubuh Anda.

4. Menanyakan Produk yang Digunakan

Jangan pernah sungkan untuk menanyakan produk yang digunakan untuk menangani Anda. Pastikan produk tersebut halal dan sudah mendapatkan sertifikat aman dari BPOM RI. Dengan begitu, Anda tidak khawatir akan mengalami efek samping dari penggunaan produk yang salah.

5. Dalam Pengawasan Dokter

Salon yang baik tentu akan menggunakan alat dan produk kecantikan yang selalu diawasi oleh dokter. Jika dalam salon tersebut tidak terdapat dokter ahli yang profesional, jangan pernah mencoba untuk mendatanginya.

6. Melakukan Uji Coba

Jika Anda tertarik pada salah satu salon tertentu namun tidak mempunyai banyak informasi tentang salon tersebut, ada baiknya Anda melakukan uji coba. Datang dan pilihlah perawatan yang ringan untuk melihat sendiri pelayanan, kehigienisan alat, maupun kualitas hasil yang Anda dapatkan. Jika dalam tahap percobaan awal ini Anda merasa puas, lanjutkan ke perawatan yang lebih tinggi. Sangat tidak disarankan jika Anda langsung menggunakan paket perawatan yang memberikan hasil ekstrem. Sebab, berisiko Anda akan kecewa dengan hasil yang diberikan. Belum lagi biaya mahal yang mungkin akan Anda keluarkan.

Jadilah customer cerdas dengan memilih secara tepat sebuah salon kecantikan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *